Tips Sederhana Mencegah Hipertensi

tips sederhana mencegah hipertensi,- Hipertensi atau tekanan darah tinggi kadang disebut dengan hipertensi arteri ialah suatu keadaan medis kronis dengan tekanan darah di arteri meningkat. Hipertensi diakibatkan oleh interaksi gen yang kompleks dna faktor lingkungan. Berbagai gen yang sering ditemukan sedikit berpengaruh pada tekanan darah telah diidentifikasi, demikian juga beberapa gen yang jarang yang berpengaruh besar pada tekanan darah. namun dasar genetik dari hipertensi tetap belum sepenuhnya dimengerti, Studi terbaru serta memasukan kejadian-kejadian pada awal kehidupan (misalnya berat badan lahir rendah, ibu merokok & kurangnya air susu ibu) sebagai factor risiko bagi hipertensi esesnsial dewasa. Tetapi mekanisme yang menghubungkan paparan ini dengan hipertensi dewasa tetap tak jelas.

Tips Sederhana Mencegah Hipertensi


1.Mengurangi asupan garam

Hipertensi dapat dikontrol dengan cara membatasi asupan garam yang terlibat di makanan anda. Pengurangan asupan garam ini juga dapat mencegah tejadinya hipertensi bagi mereka yang belum mengalaminya. Rekomendasi pembatasan asupan garam oleh WHO yakni 2000 mg/hari (1 sendok teh garam). Tidak Cuma itu, waspadai juga kandungan garam pada makanan kemasan atau makanan olahan.

2.Tingkatkan asupan kalium

Kalium atau potasium memiliki peran mutlak dalam menurunkan tekanan darah. Asupan kalium yang dirokomendasikan ialah 3510 mg/hari. Anda dapat memperoleh asupan kalium pada makanan buncis, bayam, kacang merah, dan buah-buahan seperti pisang, kurma, pepaya.

3.Ubah pola makan yang lebih sehat

Konsumsilah buah & sayur kaya serat secara rutin setiap harinya. Kurangi porsi makanan olahan & makanan yang tinggi dapat garam. Kurangi pun makanan-makanan yang berlemak & berminyak seperti gorengan.

4.Kontrol berat badan

Kenaikan berat badan dapat ditandai oleh adanya peningkatan tekanan darah, maka anggapan yang menyampaikan bahwa makin berat badan seseorang, sehingga makin tinggi serta tekanan darahnya ialah anggapan yang tak salah. Oleh karena itu, kontrol berat badan anda supaya terhindar dari hipertensi. Kalau anda mengalami kenaikan berat tubuh, segeralah berpikir untuk menurunkannya. Tidak Cuma itu kendalikan kadar gula gula darah & kadar kolesterol.

5.Olahraga & cukup tidur

Tekanan yang menghampiri kamu bia membuat anda stres, yang pada akhirnya meningkatkan tekanan darah meskipun cuma sementara. Untuk meredakan keadaan tersebut, buatlah diri anda untuk senantiasa aktif. Berolahraga yakni salah satu cara terbaik untuk mengontrol tekanan darah anda. Imbangi juga dnegan istirahat atau tidur yang cukup untuk membantu meredakan stres.

6.Hindari alkohol

Alakohol senantiasa dikaitkan dengan naiknya tekanan darah. Mengkonsumsi alkohol dalam jangka waktu yang lama akan meningkatkan tekanan darah secara permanen. Oleh karena itu, hindarilah diri anda dari alkohol.

Baca Juga : Faktor Risiko Terjadinya Hipertensi

Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

search