Faktor Resiko Terjadinya Hipertensi

Faktor Resiko Terjadinya Hipertensi,- Hipertensi atau masyarakat umum mengenalnya dengan darah tinggi ialah kondisi di mana tekanan darah dalam tubuh mencapai tekanan di atas rata rata & menekan arteri sampai akhirnya menuju ke jantung dan akibatnya jantung terpaksa bekerja 2kali lebih keras. Jikalau factor ini terjadi dengan frekuensi sering sehingga otomatis kondisi jantung dapat memburuk. Maka kebanyak kasus gejala hipertensi akan terkait dengan penyakit jantung. Terjadinya hipertensi dipengaruhi oleh adanya hubungan berbagai faktor & faktor utama yang lebih berperan terhadap timbulnya hipertensi tak dapat diketahui secara pasti. Tapi ada beberapa factor resiko terjadinya hipertensi.


Faktor Resiko Terjadinya Hipertensi


1.Faktor keturunan atau genetik

Peran factor genetik terhadap timbulnya hipertensi terbukti ditemukan nya kejadian bahwa hipertensi lebih banyak pada kembar monozigot (satu sel telur) daripada heterozigot (berbeda sel telur). Seseorang penderita yang memiliki sifat genetik hipertensi primer (esensial) kalau dibiarkan secara alamiah tanpa berkembang terapi dengan lingkungannya dapat menyebabkan hipertensinya berkembang dan dalam ketika sekitar 30-50 tahun dapat timbul tanda dan gejala hipertensi kemungkinan komplikasinya.

2.Faktor kegemukan

Faktor kegemukan (obesitas) yaitu salah satu faktor resiko terhadap timbulnya hipertensi. Obesitas juga dapat dikatakan sebagai ciri dari populasi penderita hipertensi. Keadaan jantung memompa darah & sirkulasi volume darah penderita hipertensi yang obesitas lebih tinggi daripada penderita hipertensi yang tak obesitas. Pada penderita obesitas, tahanan perifer pembuluh darah berkurang atau normal, sedangkan aktivitas saraf simpatis meninggi dengan aktivitas renin plasma yang rendah. Meski belum diketahui secara pasti hubungan antara hipertensi dan obesitas, terbukti bahwa daya pompa jantung & sirkulasi volume darah penderita obesitas dengan hipertensi lebih tinggi daripada penderita hipertensi dengan berat badan normal.

3.Faktor stres

Berhatilah-hatilah bagi orang yang sangat mudah mengalami stres, terutama orang begitu mudah marah. Jangan Sampai suka sekali menjadikan persoalan yang sebenarnya sepele jadi persoalan yang berat lantaran itu dapat menambah beban pikiran kita. Kecenderungan orang yang gampang stres , dia dapat mudah marah lantaran beban masalah yang dianggapnya tak bisa disepekan.

Peningkatan stres yang meningkatkan aktivitas saraf simpatis, mempengaruhi meningkatnya tekanan arah secara bertahap. Jika terjadi stres berkepanjangan , sehingga tekanan darah dapat berada pada keadaan yang tinggi yang berarti terjadi tekanan darah tinggi atau hipertensi.

4.Faktor lingkungan

a.Pola makan yang tak sehat

Konsumsi makanan yang mengandung daging-dagingan & ikan-ikanan juga garam yang berlebihan banyak disukai sebahagian orang sebab rasanya yang enak & gurih, tetapi dibalik kenikmatan itu terdapat kandungan lemak yang tinggi & kolesterol yang cukup berbahaya untuk tubuh kita. Konsumsi makanan lemak tinggi & kolesterol juga garam yang berlebihan secara kontinyu dapat mengakibatkan banyak sekali penyakit yang menyerang tubuh termasuk hipertensi.

b.Gaya hidup kurang sehat

Diantara yang termasuk pola hidup kurang sehat adalah kebiasaan merokok, mengkonsumsi alkohol & sedikitnya aktivitas tubuh akkibat efek pola hidup modern yang keliru. Saat ini terlihat ada kecenderungan bahwa masyarakat perkotaan lebih banyak menderita hipertensi di bandingkan dengan masyarakat perdesaan. Factor ini dapat dijelaskan bersama adanya pola hidup masyarakat yang kurang sehat maka mempengaruhi tingkat hipertensi yang terjadi.

Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

search